Skip to main content

Macam-macam Antena Untuk Jaringan Komputer


Penulis : ELFRIDA HARDIAN

1.Antena grid 
 Image
antena ini merupakan salah satu antena wifi yang populer,sudut pola pancaran antena ini lebih fokus pada titik  tertentu sesuai pemasangannya.
komponen penyusunya yaitu :
1. reflektor
2. pole
3. jumper, fungsinya menghubungkan antena dengan radio.
antena grid ada 2 macam dengan frekunsi yang berbeda yaitu 5,8 Ghz dan 2,4 Ghz
perbedaan terdapat pada pole nya.

2.Antena Sectoral
antena sectoral hampir mirip dengan antena omnidirectoral,yang juga di gunakan untuk access point to serve a point-to-multi-point (P2MP) links.dapat menampung hingga 5 client.beberapa antena sectoral di buat tegak lurus dan ada juga yang horizontal.

 Image
Antena Sectoral
 Pola Radiasi Antena Sectoral
  3. Antena Flat 
 fungsinya sama seperti antena grid yaitu memfokuskan ke satu titik.antena ini hanya di gunakan untuk jarak yang dekat dan tidak untuk jarak yang jauh,karena frequency nya kecil.
 Antena Flat
 Image
4. Antena Rocket
Fungsi nya point-to-point memiliki jangkauan sinyal yang jauh,produk wireless ubiquiti.menggunakan radio rocket M5,cara settinganya menggunakan browser.
 Antena Rocket 30 dBi 5,8 Ghz
 Gambar
5. Antena Omnidirectional
antena omnidirectoral yaitu jenis antena yang memiliki pola pemancaran sinyal ke segala arah dengan daya sama,untuk menghasilkan cakupan area yang luas, antena dengan daya sistem yang memancar secara seragam dalam satu pesawat dengan bentuk pola arahan dalam bidang tegak lurus. Antena ini akan melayani atau hanya memberi pancaran sinyal pada sekelilingnya atau 360 derajat.
 Antena Omnidirectional
Gambar


6.   Antena Omni Slotted Maveguide
antena omni slotted maveguide ini merupakan salah satu antena omnidirectoral untuk memancarkan sinyal wireless LAN 2,4 Ghz,dengan polarisasi horizontal.memiliki kemampuan yang sangat bagus dan mampu meningkatkan jangkauan yang lebih jauh.
 Gambar
                     Antena Omni Slotted Maveguide
 7.Antena Parabolik
Antena Parabolik (Solid Disc) : memiliki fungsi dan frekuansi yang sama dengan antena grid, tetapi antena ini memiliki jangkauan lebih jauh dan lebih fokus  dibandingkan antena Grid. Antena Solid Disc biasanya digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh.

 Gambar
 8.Antena Wajan Bolik

Jenis antenna ini sering digunakan di sisi client pada jaringan RT/RW-net, jaringan ini sudah di legalkan oleh pemerintah pada tahun 2005, untuk akses jaringan ini kita memerlukan perangkat keras berupa Akses point, WLAN, dan juga USB wi-fi yang bekerja pada frekwensi 2,4 Ghz. Antena wajan bolik dapat digunakan untuk memperkuat sinyal Hotspot (seperti Mall, Kampus, Kafe, Pusat kota atau tempat yang menyediakan “FREE HOTSPOT/HOTSPOT AREA”) dengan jangkauan Hotspot s/d 1 km ( tanpa halangan seperti gedung tingkat atau kondisi geografis).
 Gambar
 Antena Wajan Bolik
 9.  Antena Yagi
Antena Yagi adalah jenis antena radio atau televisi yang diciptakan oleh Hidetsugu Yagi. Antena ini dilengkapi dengan pengarah dan pemantul yang berbentuk batang.
Antenna Yagi terdiri dari tiga bagian, yaitu:
Driven adalah titik catu dari kabel antenna, biasanya panjang fisik driven adalah setengah panjang gelombang dari frekuensi radio yang dipancarkan atau diterima.

 Gambar
   Antena Yagi

 Reflektor adalah bagian belakang antenna yang berfungsi sebagai pemantul sinyal,dengan panjang fisik lebih panjang daripada driven.Director adalah bagian pengarah antena, ukurannya sedikit lebih pendek daripada driven.

Comments

Popular posts from this blog

LIMIT TIME DI MIKROTIK ( Scheduler )

     Selamat bertemmu kembali lagi dengan saya, kali ini saya akan ulas tentang LIMIT TIME CONNECT di Mikrotik.Langkah-langkahnya kita ulas sebagai berikut : 1. Login ke Mikrotik kita RB951Ui-2nD 2.Kita sesuaikan waktu kita dengan cara:    - System -> Clock    - Sesuaikan dengan waktu Asia/Jakarta    - Jam sesuaikan dengan Laptop kita 3.Kita ke system schduler dengan cara :     - System -> Scheduler        - Klik  +        -  Buat nama  OFF        

Blokir dan Redirect Situs Via Mikrotik

Banyak hal bisa dilakukan dengan mikrotik. Cara ini kita gunakan untuk mengalihkan ke situs yang tidak mengandung hal-hal negatif dan untuk internet sehat untuk indonesia Pake aja winbox untuk meremote mikrotik. Karna interface winbox kan lebih gampang dipahami daripada pake putty yang akan selalu memaksa kamu untuk menghafalkan perintah² yang bikin susah. Kalo dah masuk ke mikrotik via winbox, tinggal ikutin langkah di bawah ini : Pilih menu IP - Firewall Pilih tab NAT lalu klik tanda plus Bagian Chain pilih dstnat Bagian Protocol pilih 6 (tcp) Bagian Dst. Port masukkin 80 Masih dalam jendela NAT Rule , pilih tab Action Bagian Action pilih dst-nat Bagian To Addresses masukkin ip router Bagian Port Port masukkin 8080 Klik tombol OK Pilih menu IP - WebProxy Klik tombol Web Proxy Settings Berikan centang pada bagian Enabled Yang lainnya isikan seperti pada gambar di bawah. Bagian Cache Administrator isi sesuai selera. Terakhir kli

Installasi Unifi UBNT Access Poin Long Range

Siapkan installasi : Koneksi Internet Browser Java Langsung saja menuju halaman  http://www.ubnt.com/download/unifi/  untuk mendownload software nya.Sebesar 39,07 MB. Disitu software hanya mendukung untuk Macos dan Windows saja. Di Linux belum ada. Sembari download buka dulu  http://www.java.com/  untuk installasi java jika belum ada. Karena software tersebut membutuhkan java. Setelah semua nya selesai. Jangan lupa restart. Karena hobinya windows adalah restart. Dan terkadang restart sendiri tanpa diperintah  :| Sebelum setup. Rubah ipv4 di komputer dengan ip 192.168.1.(terserah). Karena penulis mencoba dengan ipv4 secara otomatis. Malah gak Jalan. Kalo mau nyoba terserah sih. Langsung saja buka Unifi dari start menu ataupun desktop ataupun terserah. J Jika keluar menu kesalahan “missing  javaw.exe ” lakukan pencarian manual dengan click tombol browse. File ini terdapat di C:\Program Files (x86)\Java\jre1.8.0_31\bin. And then OK. Gak tahu di sistem 32 bit. Penulis memakai